Page Header

Editorial Board

Prof. Dr. Bambang Prasetya.

Drs. Sunarya, DFT, MIFST, Ph.d

Prof. Dr. Ir. Tien R. Muchtadi.

Prof. Dr. Ir. Carunia Mulya F.

Prof. Dr. Ir. Suprapto, M.Sc.

Prof ®. Ir. Himawan Adinegoro.

Ir. Udin S Nugraha, MS, Ph.D

Prof. Ir. R. Sasi Kirono, M.Sc

Reviewer

Notifications

Journal Help


Home Search Mail RSS


Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Standardisasi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Judul makalah harus akurat, singkat, informatif, dan mudah dipahami. Judul menggambarkan isi pokok tulisan dan tidak lebih dari 15 (lima belas) kata.
  2. Ruang lingkup makalah meliputi kajian terhadap kebijakan standardisasi nasional, pengembangan standar, harmonisasi standar, penerapan standar (akreditasi, sertifikasi, pengujian, metrologi, inspeksi teknis, pengawasan pra dan pasca pasar, dampak sosial ekonomi, dll), pemasyarakatan standar, regulasi teknis, dan aspek yang terkait dengan standardisasi.
  3. Ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  4. Makalah diketik 1 spasi pada kertas A4, huruf Arial font 10, tidak timbal balik, dengan jumlah halaman makalah minimal 5 halaman dan maksimal 10 halaman, tidak melebihi 10.000 kata (tidak termasuk lampiran dan daftar pustaka).
  5. Nama penulis dan alamat instansi dicantumkan dibawah judul. 
  6. Abstrak dibuat dalam dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), tidak melebihi 250 kata. Ditempatkan sebelum pendahuluan, diketik miring (italic), dengan font arial 9, dengan jarak 1 (satu) spasi 
  7. Kata kunci dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), ditempatkan di bawah abstrak, terdiri dari 3 - 5 (tiga sampai lima) kata.
  8. Isi makalah minimal terdiri dari pendahuluan (latar belakang, tujuan), Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
  9. Tabel diberi nomor berurutan, judul table ditempatkan di atasnya dan maksimal terdiri dari 10 (sepuluh) kata.
  10. Gambar diberi nomor berurutan, judul gambar ditempatkan di bawahnya dan maksimal terdiri dari 10 (sepuluh) kata.
  11. Pengutipan ditulis sesuai pedoman penulisan makalah
  12. Didukung minimal 10 (sepuluh) daftar pustaka, 80% mengacu pustaka 10 (sepuluh) tahun terakhir, dan 80% berasal dari sumber acuan primer.

    Aturan penulisan daftar pustaka dilakukan sesuai pedoman penulisan makalah dengan menggunakan citation manager

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Redaksi Jurnal Standarisasi menerima naskah ilmiah dalam bidang yang berkaitan dengan kebijakan standardisasi nasional, pengembangan standar, harmonisasi standar, penerapan standar (akreditasi, sertifikasi, pengujian, metrologi, inspeksi teknis, pengawasan pra dan pasca pasar, dampak sosial ekonomi, dll), pemasyarakatan standar, regulasi teknis, dan aspek yang terkait dengan standardisasi
  2. Naskah ilmiah tidak mengandung unsur plagiarisme. Naskah juga harus memenuhi pedoman penulisan naskah dan belum pernah atau tidak dalam proses publikasi pada media lain, baik cetak maupun elektronik.
  3. Dewan Redaksi memiliki kewenangan penuh dalam menyeleksi naskah yang masuk. Seleksi terhadap naskah ilmiah yang masuk akan dilakukan secara tertulis dan obyektif.
  4. Naskah ilmiah yang dimuat dalam Jurnal Standarisasi tidak otomatis mencerminkan pandangan Badan Standarisasi Nasional.
  5. Naskah ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan jenis huruf Arial 10 dan jarak spasi exactly 1. Ukuran kertas yang digunakan A4 dengan format dua kolom. Panjang naskah ilmiah setara dengan 5-10 halaman, termasuk gambar, grafik, atau tabel.
  6. Artikel yang akan dimuat dalam jurnal harus telah dilengkapi dengan surat pernyataan pengalihan hak cipta.
  7. Semua naskah yang masuk harus mengikuti format template naskah yang terdapat pada bagian akhir pedoman ini.
 

Copyright Notice

Naskah yang diserahkan penulis haruslah sebuah karya yang tidak melanggar hak cipta (copyright) yang ada. Naskah yang dimasukkan harus yang belum pernah diterbitkan dan tidak dikirimkan pada waktu yang bersamaan kepada penerbit lain. Hak cipta atas semua material termasuk yang berbentuk cetak, elektronik dan bentuk lainnya dipegang oleh Jurnal Standardisasi. Untuk itu penulis perlu menyetujui pengalihan hak cipta dengan mengisi dan menandatangani Pernyataan Pengalihan Hak Cipta dibawah ini (terlampir) untuk diserahkan bersamaan dengan penyerahan naskah. Pernyataan Pengalihan Hak Cipta dalam bentuk softcopy (hasil pemindaian/scan). Setelah naskah telah melewati proses penyuntingan substansi dan positif diterima, penulis mengirimkan berkas Pernyataan Hak Cipta dalam bentuk hardcopy asli ke alamat redaksi Jurnal Standardisasi.

PERNYATAAN KEASLIAN DAN TRANSFER HAK CIPTA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan:

  1. Bahwa artikel (“Judul Artikel”) adalah asli dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya atau akan dipublikasi­kan ditempat lain dan bukan plagiasi dalam dalam bentuk apa pun dari karya orang lain.
  1. Artikel tersebut tidak memiliki permasalahan dengan pihak lain berkaitan dengan hak publikasi
  1. Semua penulis telah membaca pernyataan ini dan sepakat dengan nama dan urutan
  1. Dengan ini, Saya mentransfer hak cipta atas artikel Saya (“Judul Artikel”) kepada Redaksi Jurnal Standarisasi. Transfer hak cipta termasuk dalam hak untuk mereproduksi fotografi untuk artikel sejenis dan terjemahannya. Hal ini juga temasuk dalam hak untuk memasukkan artikel dalam sistem komputer untuk disebarluaskan dalam jaringan internet.
  1. Dengan ini, Saya menyetujui atas artikel Saya (“Judul Artikel”) yang diterbitkan oleh BSN Volume (“xx”) Edisi (“x”)  dilisensikan di bawah lisensi Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0. Hal ini juga temasuk dalam hak untuk memasukkan artikel dalam sistem komputer untuk disebarluaskan dalam jaringan internet.

 

                                                        Penulis,

 


                                                ___________________________________
                                                Nama    : (Nama Penulis)
                                                Tanggal  :  (Tanggal Penandatanganan)


 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.